Fanatisme dan kegemaran masyarakat terhadap pertandingan
sepak bola mendorong perkembangan yang pesat terhadap geliat bisnis
pernak-pernik bola. Dari semua jenis pernak-pernik bola, saat ini yang paling digandrungi
adalah kaus bola. Kaus bola berkembang trend dan pasarnya, kalau dulu tren
pasarnya adalah jersey, sekarang mulai beralih kepada kaus bola casual,
yang desainnya diambil dari pada jersey, namun diaplikasikan kepada kaus
berbahan cotton combed dengan
ketebalan tertentu, seperti 30s. Sebenarnya desain jersey tiap klub bola
dunia setiap tahun berubah-rubah, namun mengingat persaingan bisnis jersey yang
sangat ketat menimbulkan ide bisnis mengarah pada kaus bola casual berbahan
kain katun.
Jika bahan kain jersey menggunakan bahan yang jauh
lebih mahal, maka kaus bola casual dibuat oleh konveksi rumahan lokal dengan
bahan katun dari pabrikan lokal, namun tetap mengusung desain pada jersey degan
mengalami sedikit sentuhan modifikasi, seperti ditambah gambar pemain bola,
jika jersey dibuat sesuai
aslinya, sedangkan kaus bola casual didesain sepeti jersey yang
dimodifikasi, harganya pun lebih rendah di bawah jersey.
Bagi pelaku usaha pemula yang ingin menjajal ide bisnis ini khususnya
bagi produsen bisa memiliki karyawan desainer yang mampu membuat konsep desain
bola casual, dari konsep tersebut bisa diserahkan pengerjaannya kepada pihak
maklon atau konveksi yang sesuai dengan desainnya. Yang harus menjadi
pertimbangan adalah desain bola hendaknya desain pemain bola yang lagi tren
atau lagi naik daun, maka dari itu para pelaku usaha bisa melakukan kroscek
serta mengikuti alur perkembangan sepak bola, agar produk up to date.
Dari sekian banyaknya desain kadang kala yang diminati hanya
satu atau dua desain saja yang bisa di serap pasar. Oleh karenanya, sebaiknya
desain dibuat setiap 1-2 bulan sekali, dan idealnya sekali keluar desain
baru dibuat secara terbatas, misalnya
hanya berkisar 25-30 pcs saja yang terlebih dahulu untuk mengetahui respon
pasar. Jika usaha sudah berkembang, pelaku usaha bisa mencari ide bisnis baru
pada pernak-pernik bola yang lain, seperti gantungan kunci, jam tangan, atau
boneka tentunya dengan mengikuti alur bisnis seperti tadi.
Untuk strategi pemasaran yang efektif dilakukan system
konsinyasi atau mencari reseller yang berkemampuan baik, selain itu hendaknya
rajin promosi di jejaraing social, seperti Facebook atau pun twitter, dengan
memiliki follower dan fanbase di twitter yang banyak, maka akan
memudahkan produk terserap dengan mudah. So, selamat mencoba ide bisnis
pernak-pernik bola semoga sukses.
0 komentar:
Posting Komentar